NAMA : APRILIA MOEHNIKASARI
KELAS : 3EA27
NPM : 19211332
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN
DOSEN : TOMY ADI S. SE
UNIVERSITAS GUNADARMA
Pengertian Kepribadian
Kepribadian adalah
keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu
lain.Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.
Pengertian Nilai
yang berharga,
bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai
berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia. Adanya dua
macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka.
Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Alinea 4 dinyatakan
sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental. Nilai dasar
tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya nilai dasar
yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu, sifatnya belum operasional.
Artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan
sehari-hari. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk adanya undang-undang sebagai
pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam
pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut. Penjabaran itu
sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Penjabaran itu kemudian dinamakan Nilai
Instrumental.
Gaya Hidup
1.
Pengertian Gaya Hidup
Gaya hidup secara luas didefinisikan sebagai cara hidup yang
diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka, apa yang
mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga di dunia
sekitarnya.Perubahan gaya hidup membawa implikasi pada perubahan selera (selera
pria dan wanita berbeda), kebiasan dan perilaku pembelian.perubahan lain yang
terjadi adalah meningkatnya keinginan untuk menikmati hidup.
2.
Manfaat jika memahami gaya hidup konsumen :
a.
Pemasar dapat
menggunakan gaya hidup konsumen untuk melakukan segmentasi pasar sasaran
b.
Pemahaman gaya hidup
konsumen juga akan membantu dalam memposisikan produk di pasar dengan
menggunakan iklan.
c.
Jika gaya hidup
diketahui, maka pemasar dapat menempatkan iklannya pada media-media yang paling
cocok
d.
Mengetahui gaya hidup
konsumen, berarti pemasar bisa mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan gaya
hidup mereka.
Kepribadian dan gaya
hidup
Usaha untuk membeli
juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karaktristik tersebut meliputi
usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, serta
kepribadian dan konsep diri pembeli.
a.
Usia dan tahap siklus
hidup --- orang membeli barang dan jasa
yang berbeda-beda sepanjang hidupnya. Mereka makan makanan bayi selama
tahun-tahun awal hidupnya, beragam makanan selama tahun-tahun pertumbuhan dan
kedewasaan, serta diet khusus selama tahun-tahun berikutnya. Selera orang
terhadap pakaian, perabot, dan rekreasi juga berhubungan dengan usia.
b.
Pekerjaan dan ekonomi --- Pekerjaan seseorang mempengaruhi pola konsumsinya.
Para pemasar berusaha mengidentifikasi kelompok pekerjaan yang memiliki minat
di atas rata-rata atas produk dan jasa mereka.
c.
Gaya Hidup --- adalah pola hidup seseorang didunia yang terungkap
pada aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri
seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Para pemasar mencari
hubungan antara produk mereka dan kelompok gaya hidup.
Sumber
: Wikipedia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar