NAMA : APRILIA MOEHNIKASARI
KELAS : 3EA27
NPM : 19211332
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN
DOSEN : TOMY ADI S. SE
DOSEN : TOMY ADI S. SE
UNIVERSITAS GUNADARMA
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan segmentasi pasar ?
Jawab : segmentasi pasar
adalah kegiatan membagi-bagi suatu pasar menjadi kelompok kelompok pembeli yang
berbeda yang memiliki kebutuhan dan karakteristik atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang berbeda
2.
Sebutkan 4 peran
segmentasi pasar dalam marketing ?
Jawab :
·
Memungkinkan kita untuk
lebih fokus masuk kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
·
Mendapatkan input
mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
·
Merupakan basis bagi kita
untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
·
Faktor kunci mengalahkan
pesaing dalam memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda
3.
Jelaskan apa yang
dimaksud segmentasi pasar geografis dan demografis ?
Jawab :
a. Geografis : Segmen geografis adalah pembagian pasar menjadi unit
unit geografis yang berbeda. misalnya wilayah negara, negara bagian, propinsi
kota dan kepulauan
b. Demografis : sedangkan segmen demografis adalah membagi pasar
kedalam kelompok kelompok jenis berdasarkan variable demografis, variable
demografi adalah variable paling disuka oleh para pemasar dijadikan dasar
segmentasi ,pertama kebutuhan perilaku dan perilaku pembelian umumnya
dipengaruhi oleh variable demografi.
4.
Jelaskan segmentasi pasar
berdasarkan kepuasan ?
Jawab : kepuasan konsumen
dapat dibagi menjadi 2 yaitu kepuasan fungsional yang mendapatkan kepuasan dari
pemakaian suatu produk dan kepuasan psikologikal yaitu kepuasan yang didapat
dari pemakaian atribut yang tidak berwujud seperti munculnya perasaan senang.
5.
Sebutkan beberapa peran
seseorang dalam mempengaruhi keputusan seorang pembeli?
Jawab :
a. Initiator ( Pemberian gagasan untuk mempengaruhi pembelian
keputusan konsumen)
b. Influencer ( orang yang berusaha memberikan dorongan terhadap
gagasan yang telah ada)
c. Decider ( orang yang mengambil keputusan dalam pembelian)
d. Purchaser ( orang yang melaksanakan keputusan pembeli)
e. User ( pengguna dari barang yang telah dibeli)
6.
Sebutkan dan jelaskan
tahap tahap dalam proses keputusan pembeli ?
Jawab :
1)
Pengenalan masalah (proses
pembelian dimulai saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan yang di picu
oleh rangsangan internal maupun eksternal seperti rasa lapar dan lain lain)
2)
Pencarian informasi (
konsumen yang terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi
yang lebih banyak lagi)
3)
Evaluasi alternatif (
konsumen lebih memandang relevan produk yang beragam dan penting manfaatnya
menurut mereka)
4)
Keputusan pembelian( dalam tahap evaluasi, para konsumen
membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan.
Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat
mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam
melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima sub-keputusan
pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan kuantitas,
keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran)
5)
Perilaku pasca pembelian
(Para pemasar harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian
dan pemakaian produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen
melakukan pembelian ulang)
7.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan pengetahuan pembeli !
Jawab : semua informasi yang dimiliki konsumen
mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan
informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
8.
Sebutkan 8 fungsi sikap
konsumen !
Jawab :
(1) Utilitarian function : sikap berfungsi sebagai penyesuaian
sosial dan membantu individu merasa menjadi bagian dari masyarakat.
(2) Knowledge function : sikap membantu individu untuk memahami
dunia, yang membawa keteraturan terhadap bermacam-macam informasi yang perlu
diasimilasikan dalam kehidupan sehari-hari.
(3) Value-expressive function : sikap mengkomunikasikan nilai dan
identitas yang dimiliki seseorang terhadap orang lain.
(4) Ego defensive function : sikap melindungi diri, menutupi
kesalahan, agresi, dsb dalam rangka mempertahankan diri.
9.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sumber daya temporal dan sementara ?
Jawab :
·
Sumber daya temporal
(Salah satu variabel yang paling individual dari perilaku manusia berhubungan
dengan bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka.
·
Sumber daya kognitif
(Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi. Kapasitas adalah sumber daya yang
terbatas. Dapat mengelola hanya sejumlah tertentu informasi pada satu waktu.
10. Jelaskan pengertian perilaku konsumen menurut john c mawen
michael minor dan engel, blackwell, dan miniard?
Jawab :
·
John c mawen dan michael
minor : studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang
melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta
ide-ide.
·
Engel, blackwell dan
miniard : tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
11. Sebutkan dan
jelaskan factor – factor yang mempengaruhi perilaku konsumen !
Jawab :
·
Faktor budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial
sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan
perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan
seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga
penting lainnya.
·
Faktor sosial
Selain
faktor budaya, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial,
seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan
terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.
·
Faktor pribadi
Keputusan membeli juga di pengaruhi
oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap
dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri,
juga nilai dan gaya hidup pembeli.
·
Faktor psikologi
Titik awal untuk memahami perilaku
konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi,
politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik
konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian.
Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara
datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan pembelian akhir. Empat
proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara
fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.
12. Sebutkan 5 tinggi rendahnya status
seseorang menurut Talcott Person !
1)
Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin,
kebangsawanan, dan sebagainya.
2)
Kriteria kualitas pribadi : meliputi kebijakan, kearifan,
kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
3)
Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha,
pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
4)
Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta
benda.
5)
Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk
mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang
diinginkan.
13. Jelaskan pengukuran kelas sosial
menurut Aristoteles dan Karl Max !
Jawab :
Aristoteles membagi masyarakat secara
ekonomi menjadi 3 kelas (golongan), yaitu:
·
Golongan
Pertama (Golongan Sangat Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang
terkecil (sedikit) di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para
pengusaha, tuan tanah, dan bangsawan.
·
Golongan
Kedua (Golongan Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang
cukup banyak di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para pedagang,
dsbnya.
·
Golongan
Ketiga (Golongan Miskin)
Merupakan golongan dengan jumlah
terbanyak di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari rakyat-rakyat biasa.
Karl Marx juga membagi masyarakat menjadi 3 kelas
(golongan), yaitu:
·
Golongan
Kapitalis (Borjuis)
Merupakan golongan yang terdiri dari
para penguasa tanah dan alat produksi.
·
Golongan
Menengah
Merupakan golongan yang terdiri dari
para pegawai pemerintah. Golongan menengah cenderung dimasukkan ke dalam
golongan kapitalis, karena dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia
kaum kapitalis.
·
Golongan
Proletar
Merupakan golongan yang tidak memiliki
tanah dan alat produksi. Termasuk kaum buruh dan pekerja pabrik.
14. Jelaskan pembagian kelas sosial
berdasarkan status sosial ! berikan contohnya !
Jawab :
Kelas sosial timbul karena adanya
perbedaan dalam pernghormatan dan situasi sosialnya. Contoh masyarakat bali,
masyarakatnya dibagi ke dalam 4 kasta yakni Brahmana, Satria, Waisya dan Sudra.
Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa. Kasta keempat disebut Jaba. Sebagai
tanda pengenalannya dapat kita temukan dari gelar seseorang. Gelar Ida bagus
dipakai oleh kasta Brahmana, gelar cokorda, Dewa, Ngakan dipakai oleh kasta
Satria. Gelar Bagus, I Gusti dan Gusti dipakai oleh kasta Waisya, sedangkan
gelar Pande, Khon, pasek dipakai oleh kasta Sudra.
15. Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku
konsumen !
Jawab : tenaga pendorong
dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak . tenaga pendorong
tersebut dihasilkan oleh keadaan tertekan, yang timbul sebagai akibat kebutuhan
yang tidak terpenuhi. Individu secara sadar maupun tanpa sadar berjuang
mengurangi melalui prilaku yang mereka harapankan akan memenuhi kebutuhan
mereka dan demikian akan membebaskan mereka dari tekanan yang mereka rasakan.
16. Sebutkan dan jelaskan 5
peranan dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga?
Jawab :
1)
Penjaga pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga
mengenai pembelian produk dan pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan
2)
Pemberi pengaruh (influencer). Individu yang opininya dicari
sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian
dan produk atau merek mana yang paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi
itu
3)
Pengambil keputusan (decider). Orang dengan wewenang dan / atau
kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan
produk atau merek mana yang yang akan dipilih.
4)
Pembeli (buyer). Orang yang bertindak sebagai agen pembelian:
yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis cek, membawa produk
kerumah, dan seterusnya.
5)
Pemakai (user). Orang yang menggunakan produk
17. Sebutkan 3 faktor situasi
konsumen?
Jawab :
·
Situasi Komunikasi
·
Situasi Pembelian
·
Situasi Pemakaian
18. Jelaskan pengertian
konsumen menurut philip kotler?
Jawab : semua individu dan rumah tangga yang membeli atau
memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
19. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sikap, motivasi dan konsep ?
Jawab :
·
Sikap dalam kamus marketing (1995) juga didefinisikan sebagai
kondisi mental atau akal budi tertentu yang mencerminkan suatu pandangan
pribadi yang negative atau positif mengenai suatu obyek atau konsep atau suatu
keadaan acuh tak acuh yang menunjukan titik tengah (mid point) diantara dua
titik ataupun dua pokok yang saling berlawanan
·
konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian
yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam
berhubungan dengan orang lain. Hal ini termasuk persepsi individu akan
sifat dan kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai
yang berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya
·
Motivasi konsumen yang dilakukan oleh produsen sangat erat
sekali berhubungan dengan kepuasaan konsumen. Untuk itu perusahaan selalu
berusaha untuk membangun kepuasan konsumen dengan berbagai kebutuhan dan tujuan
dalam konteks perilaku konsumen dengan berbagai kebutuhan dan tujuan dalam
konteks perilaku konsumen mempunyai peranan penting karena motivasi timbul
karena adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan yang ingin dicapai.
Kebutuhan menunjukkan kekurangan yang dialami seseorang pada suatu waktu
tertentu. Kebutuhan di pandang sebagai penggerak atau pembangkit perilaku.
Artinya jika kebutuhan akibat kekurangan itu muncul, maka individu lebih peka
terhadap usaha motivasi para konsumen.
20. Jelaskan apa yang
dimaksud pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumen?
Jawab : Budaya mengacu pada seperangkat nilai, gagasan, artefak
dan simbol yang mempunyai makna, yang membantu individu berkomunikasi,
memberikan tafsiran serta melakukan evaluasi. Budaya tidak hanya bersifat
naluriah saja, namun budaya memberikan dampak pada perilaku yang dapat diterima
didalam masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar